Monday 7 November 2016

Diam-diam Lengan Investasi Google Berinvestasi pada Snapchat

Google Capital is now an investor in Snapchat
Alphabet Venture Capital atau CapitalG yang sebelumnya dikenal dengan nama Google Capital baru saja melakukan investasi terhadap Snapchat,seperti dikutip dari Bussines Insider.
Investasi tersebut tidak diumumkan secara langsung namun terlihat dari keberadaan logo Snapchat dalam website portofolio investasi CapitalG. Pihaknya juga belum memberikan keterangan secara rinci terkait rumor yang beredar.
Lebih lanjut, layanan besutan Evan Spiegel tersebut sedang mempersiapkan proses IPO yang akan dilakukan pada 2017 mendatang. Pihaknya juga telah merekrut Morgan Stanley dan Goldman sebagai penjamin emisi atau underwriter.

Terkait IPO, Snapchat digadang-gadang bakal menjadi salah satu media sosial yang memiliki nilai IPO terbesar. Hal tersebut terlihat dari target yang diinginkan yaitu dengan nilai yang diperkirakan mencapai US$40 miliar (Rp521 triliun).
CapitalG
Logo Snapchat dalam portofolio investasi CapitalG
Sebelumnya, Google dikabarkan sempat melakukan penawaran terhadap Snapchat pada tahun 2013 lalu, namun mendapatkan penolakan. Nilai penawaran yang diberikan yakni sekitar US$4 miliar (sekitar Rp52 triliun).
Dengan pencapaian yang didapatkan oleh Snapchat sekarang, bisa dikatakan bahwa langkah yang diambil tersebut tepat karena media sosial berlogo dominasi warna kuning ini kini memiliki nilai US$20 miliar (sekitar Rp261 triliun).
Selain Snapchat, CapitalG juga melakukan investasi terhadap Airnb dengan besaran yang juga tidak disebutkan. Kira-kira, siapa lagi yang akan menjadi target investasi Google selanjutnya?

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto;Sumber Gambar: cnnwire)
(via techinasia)

0 komentar:

Post a Comment