Sunday 6 November 2016

Kumpulan Situs Penyedia Stok Foto Gratis Terbaik

Foto Gratis | Featured Image
Stok foto biasanya digunakan startup untuk keperluan media sosial, desain website, komposisi brand, mockup, dan lain-lain. Bagi startup — terutama yang menggunakan modal sendiri saat dirintis (bootstrapping) — biaya untuk memenuhi kebutuhan stok foto ini akan terasa sangat memberatkan.
Sebagai contoh, apabila kamu menggunakan ShutterStock, kamu harus membayar sekitar Rp650 ribu untuk mendapatkan lima foto. Karenanya, solusi penyedia stok foto gratis dapat menjadi alternatif yang sangat berguna bagi startup.
Berangkat dari permasalahan ini, Tech in Asia telah mengumpulkan beberapa situs yang dapat kamu gunakan sebagai sumber gambar dan stok foto yang dapat digunakan untuk kebutuhan apapun, bahkan untuk keperluan komersial.
Lisensi dari tiap gambar yang tersedia pada artikel di bawah ini menggunakan Creative Commons Zero (CC0) ini berarti kamu dapat menyalin, memodifikasi, menyalurkan, atau bahkan menggunakan gambar ini secara komersial. Pemberian kredit tidak diwajibkan, namun sangat disarankan untuk menjaga kelangsungan hidup situs-situs ini.

Pexels

Foto Gratis | Pexels
Ini adalah salah satu sumber stok foto yang paling sering saya gunakan. Pexels adalah rumah bagi ribuan stok foto berkualitas yang dapat kamu gunakan untuk keperluan apapun.
Fitur pencarian yang ada akan mempermudahmu untuk mencari foto yang diinginkan. Walau tidak selengkap saudaranya yang berbayar, ShutterStock dan 123RF, tetapi Pexels dapat menjadi alternatif menarik bagi kamu yang membutuhkan stok foto berkualitas dan gratis.
Fitur Pexels yang paling menarik menurut saya adalah kemampuannya untuk menampilkan suguhan gambar berdasarkan nuansa warna yang pengguna inginkan. Apabila kamu menginginkan stok foto yang berwarna senada dengan mockup kamu, kamu cukup memilih nuansa warna yang ada pada palet yang tersedia.
Sayangnya, walau Pexels menghadirkan stok foto yang berkualitas tinggi, jumlah foto yang ada dalam situs ini terbilang kalah banyak dengan situs penyedia stok foto lainnya. Pexels juga tidak menyediakan gambar vector, yang cukup banyak dicari oleh para desainer.
Kunjungi Pexels di sini

Pixabay

Foto Gratis | Pixabay
Pixabay lebih cocok disebut situs berbagi gambar, karena selain kamu dapat mengunduh gambar dan foto berkualitas tinggi, kamu juga dapat berkomentar pada foto pengguna lain serta menambahkan mereka sebagai teman, layaknya media sosial.
Selain stok foto, Pixabay juga menyediakan file vector yang dapat dimanfaatkan oleh para desainer. Selain itu, fitur pencarian yang dilengkapi dengan filter akan semakin mempermudah penggunanya ketika mencari foto yang mereka inginkan.
Walau koleksinya terbilang lengkap, kerja sama mereka dengan ShutterStock menjadikan tampilan Pixabay penuh dengan iklan-iklan dari situs stok foto terbesar tersebut. Saya sempat beberapa kali “tertipu” dengan banner iklan yang berada pada bagian atas hasil pencarian gambar. Selain itu, stok foto yang ada juga terkesan biasa saja dan kurang berkarakter.
Kunjungi Pixabay di sini

Gratisography

Foto Gratis | Gratisography
Penasaran dari mana media sosial Path mendapatkan foto-foto “absurd” untuk fitur #PathDaily mereka? Hampir semua foto-tersebut dapat kita temui di Gratisography. Sama seperti namanya, situs ini menyediakan koleksi stok foto unik yang dapat kamu gunakan secara gratis untuk keperluan apapun.
Sayangnya, walaupun stok foto yang tersedia cukup baik kualitasnya, bagi kamu yang mencari foto dengan kebutuhan spesifik akan sedikit kesulitan, dikarenakan keterbatasan variasi foto pada situs ini. Untuk mendukung kelanjutan dari situs ini, kamu dapat memberikan “uang kopi” kepada Ryan McGuire selaku kontributor tunggal dari situs ini yang sifatnya tidak wajib.
Kunjungi Gratisography di sini

StockSnap.io

Foto Gratis | StockSnap.io
Tidak seperti penyedia stok foto gratis lainnya, StockSnap.io memiliki koleksi stok foto yang berkembang dengan sangat pesat. Mengapa demikian? StockSnap.io menambahkan ratusan foto setiap minggunya, yang menjadikan situs ini patut untuk dilirik. Walau fitur yang dihadirkan terasa sama dengan situs penyedia stok foto gratis lainnya, StockSnap.io mungkin saja memiliki koleksi stok foto yang tidak dapat kamu temukan di situs penyedia stok foto lainnya.
Banner iklan yang tidak relevan dengan konten pada beberapa bagian situs terasa sedikit mengganggu pengalaman penjelajahan. Pengguna juga tidak diberikan pilihan untuk memilih ukuran foto yang ingin mereka unduh. Tapi untungnya ukuran gambar secara default yang ada sudah cukup besar untuk keperluan sehari-hari.
Kunjungi StockSnap.io di sini

Unsplash

Foto Gratis | Unsplash
Inilah salah satu situs penyedia stok foto gratis dengan desain antarmuka yang super simpel dan minimalis. Unsplash adalah sebuah situs penyedia stok foto gratis yang awalnya dimulai dari proyek Crew, sebuah perusahaan penyedia layanan desainer dan developer pihak ketiga untuk membuat aplikasi, situs web, serta logo. Proyek ini akhirnya menjadi besar dan berlanjut hingga sekarang.
Satu hal yang juga cukup menarik, Unsplash menyediakan API bagi para pembuat aplikasi yang ingin mengintegrasikan koleksi foto Unsplash pada aplikasi mereka.
Unsplash juga mempromosikan hasil karya para penggunanya yang memanfaatkan stok foto dari Unsplash di sini. Sayangnya, situs ini agak sulit dikunjungi karena adanya permasalahan keamanan. Koleksi foto yang dimiliki situs ini juga masih harus terus diperbanyak, karena minimnya variasi foto yang ada.
Kunjungi Unsplash di sini

Hadirnya situs-situs penyedia gambar dan stok foto gratis ini akan sangat membantu startup — tanpa perlu membayar lebih. Walaupun donasi tidak diwajibkan oleh para penyedia stok foto gratis ini, namun kami menyarankan agar kamu bisa memberikan sedikit donasi bagi mereka, atau mengapa tidak turut memberikan foto gratis hasil jepretan kamu sebagai “balas jasa”?
Artikel ini akan diperbarui secara berkala. Apabila kamu memiliki usulan tentang situs penyedia stok foto gratis, silakan sampaikan pada kolom komentar di bawah.

(sumber: techinasia.com)

0 komentar:

Post a Comment